Cara Mengatasi Pencarian Windows 10 Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Pencarian Windows 10 Tidak Berfungsi

Windows 10 memiliki menu Windows search yang terdapat di pojok kiri bawah halaman desktop. Banyak pengguna yang terbantu dengan menu ini, untuk mencari aplikasi, folder, dan file lebih cepat. Wajar jika menu ini rusak, butuh langkah mengatasi pencarian Windows 10 tidak bermanfaat yang dapat cepat menyingkirkan masalah tersebut.

Ibarat meraba di dalam kegelapan, jika menu Windows search hilang, banyak yang dibuat kalang kabut. Kerja yang seharusnya dapat selesai cepat, terpaksa makan sementara lama cuma dikarenakan wajib mencari file yang sesungguhnya di dalam hitungan detik dapat ditemukan jika memanfaatkan menu ini.

Penyebab Windows Search Tidak Bisa Digunakan

Ada sebagian hal yang ternyata menjadi penyebab menu Windows search tidak dapat digunakan. Ada yang cuma menampilkan halaman loading secara konsisten menerus tanpa sampai ke halaman hasil pencarian. Ada termasuk yang langsung terlihat halaman putih yang tidak dapat di klik. Ternyata ini sebagian penyebab utamanya:

Error Saat Update System

Saat lakukan update system dengan versi terakhir Windows 10, dapat saja berlangsung error akibat sinkronisasi update dengan komputer tidak terjadi. Salah satu dampaknya adalah menu-menu Windows mengalami hang termasuk keliru satunya Windows Search.

File Cache Menumpuk

Ketika file cache menumpuk di perangkat Anda, maka dapat berdampak terhadap kinerja sistem yang menjadi lambat. Termasuk error nya sebagian menu atau lamanya sistem menu tersebut bekerja. Contohnya, Windows search cuma stag terhadap halaman putih atau loading search windows 10 tidak berfungsi .

Windows Assistant Error

Pada Windows 10 ada menu Windows Assistant namanya Cortana. Jika Anda butuh Info seputar Windows, Anda dapat memanfaatkannya. Tapi, ada kalanya menu ini mengalami masalah sementara digunakan dan dapat pula berdampak terhadap error menu lain layaknya Windows search.

System Error

Ada banyak hal yang dapat sebabkan sistem Windows mengalami masalah, keliru satu akibatnya adalah tidak berhasilnya menu Windows search bekerja. Dari terhadap memberikan Info wilayah knowledge yang dibutuhkan, Anda tambah wajib sabar lihat loading yang tak kunjung selesai.

Cara Mengatasi Pencarian Windows 10 Tidak Berfungsi
Windows search yang mengalami masalah sehingga tidak bermanfaat layaknya biasa, bukan bermakna Anda wajib langsung panik dan mengganggu konsentrasi kerja. Coba fokus dan lakukan keliru satu dari lima langkah berikut. Berdasarkan survei, sudah banyak yang terbukti berhasil mengaplikasikan cara-cara ini.

CMD
Cara ini tergolong paling mudah dilakukan, dikarenakan cuma memanfaatkan menu CMD dan ada terhadap Windows 10. Anda tinggal memanfaatkan sebagian langkah tersebut ini untuk melakukannya.

Klik bersamaan tombol Windows dengan ikon jendela dan huruf R.
Tekan tombol terhadap keyboard perangkat komputer Anda.
Tunggu sampai jendela Run muncul.
Letakkan kursor terhadap kolom open di jendela Run.
Anda ketik postingan Command Prompt.
Atau singkatannya saja yaitu CMD.
Lalu klik tombol OK.
Letaknya di bagian bawah halaman tersebut.
Pastikan Anda sudah masuk ke halaman CMD.
Anda bakal lihat layar berwarna hitam.
Ketik perintah sfc/scannow.
Selesai.
Perintah tersebut adalah untuk lakukan scanning yang bakal dilaksanakan sistem untuk memastikan seluruh menu di dalam kondisi baik-baik saja.

Saat terdapat menu atau fitur yang bermasalah, maka sistem perbaikan bakal langsung dilaksanakan otomatis. Setelah sistem scanning selesai, Anda dapat restart komputer terlebih dahulu. Lalu tunggu sampai menyala dan dapat digunakan kembali.

Program Service
Ketika perangkat komputer Anda mengalami bug, keliru satu imbasnya adalah Windows search tidak kembali berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan keliru satu pengaturan yang terdapat terhadap menu program service. Berikut ini langkah yang dapat dilakukan:

Klik bersamaan tombol Windows dan huruf R yang ada terhadap keyboard perangkat Anda.
Tunggu jendela Run terbuka.
Pastikan halaman Run sudah muncul.
Anda dapat ketik services.msc di kolom open.
Lalu klik tombol OK.
Letaknya terhadap bagian bawah kolom pengetikan.
Anda bakal lihat banyak program service yang muncul.
Cari Windows search.
Lalu klik sampai Anda masuk ke halaman menu tersebut.
Cari dan pilih tab General.
Lalu pilih Startup Type.
Dan pindah pengaturannya menjadi Automatic.
Setelah itu lanjutkan dengan pilih tombol Stop.
Letaknya di bagian bawah halaman yang muncul.
Kemudian Anda pilih kembali tombol Start.
Dan ikuti dengan pilih tombol Apply.
Terakhir tinggal pilih tombol OK.
Selesai.
Jika sistem di atas sudah selesai, Anda wajib restart komputer terlebih dahulu untuk menggunakannya kembali.

Cara ini dilaksanakan sehingga menu Windows search dapat langsung bermanfaat saat dibutuhkan, tanpa wajib memerintahkannya secara manual. Lebih praktis dan bakal menopang kerja Anda menjadi lebih cepat.

Reset Windows Explorer
Sebagai keliru satu sistem paling utama terhadap Windows 10, otomatis saat berlangsung error terhadap sistem ini bakal berdampak terhadap banyak menu. Bisa jadi, keliru satunya adalah Windows search yang tiba-tiba menjadi error.

Makanya, untuk memastikan sistem ini bermanfaat baik maka Anda dapat lakukan reset sehingga pengaturannya kembali normal.

Klik secara bersamaan tombol CTRL, ALT, dan DEL.
Sehingga Anda dapat masuk ke halaman Task Manager.
Pilih tab Process.
Lalu klik kanan terhadap menu Explorer.
Pilih opsi End Task.
Fungsinya untuk memastikan sementara sementara Explorer berhenti bekerja.
Setelah itu, Anda pilih menu File.
Lanjutkan dengan opsi Run New Task.
Kemudian pilih Explorer.exe.
Maka sistem Explorer secara otomatis sudah mengalami Reset.
Dan pengaturannya sudah kembali terhadap kondisi awal.
Selesai.
Jangan lupa untuk restart komputer terlebih dahulu sebelum melanjutkan prosesnya. Anda tinggal cek apakah Windows search sudah bermanfaat kembali atau belum.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.